KUBIS ONLINE,
KURSUS BIMBINGAN BISNIS ONLINE UNTUK MELEJITKAN KEUNTUNGAN DALAM BERBISNIS
ONLINE
Oleh Dewi Rahayu
Prodi Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Malang
Abstrak
Banyak masyarakat yang menjadikan bisnis online sebagai profesi karena
menghasilkan keuntungan yang cukup besar, jika pintar mengelolanya dengan baik.
Maka keberadaan lembaga bisnis online juga sangat diperlukan dalam hal
meningkatkan keuntungan berbisnis online. Tetapi masih banyak masyarakat yang
kurang paham akan Konsep dasar kursus bimbingan bisnis online, format pembelajarannya, Implementasi Dari
Hasil Kursus Bimbingan Bisnis Online tersebut. Dengan demikian lembaga kursus
bimbingan bisnis dapat meningkatkan wawasan serta keterampilan dalam berbisnis
oline dan juga melejitkan keuntungan dari bisnis online yang telah dikelolanya.
Kata Kunci: kursus bimbingan
bisnis online, keuntungan berbisnis online
Pada zaman sekarang perdagangan secara online cukup
banyak diminati masyarakat. Banyak masyarakat yang menjadikan bisnis online
sebagai profesi karena menghasilkan keuntungan yang cukup besar, jika pintar
mengelolanya dengan baik. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa bisnis
online itu mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun, karena menurut mereka
berbisnis online itu dapat dilakukan hanya dengan duduk santai dimanapun dan mempromosikan produknya melalui sosial
media. Tetapi banyak masyarakat yang kurang paham betul akan cara, ketentuan
dan aturan yang baik dalam berbisnis online, serta strategi untuk meningkatkan
penjualan. Maka keberadaan lembaga bisnis online juga sangat diperlukan dalam
hal meningkatkan keuntungan berbisnis online.
Lembaga kursus bimbingan bisnis
online sangat diperlukan masyarakat, mengingat minimnya pemahaman masyarakat. Menurut
Ahmadi dan Rohani (1991: 2) bimbingan dapat diartikan sebagai bantuan yang
diberikan oleh seseorang baik pria maupun wanita yang memiliki pribadi yang
baik dan pendidikan yang memadai, kepada seorang individu dari setiap usia
untuk menolongnya mengemudikan kegiatan-kegiatan hidupnya sendiri,
mengembangkan arah pandangannya sendiri, membuat pilihannya sendiri dan memikul
bebannya sendiri. Kemudian online sendiri merupakan keadaan suatu alat
elektronik (komputer atau gawai) yang terhubung dalam jaringan internet dan
dunia maya. Sedangkan bisnis adalah upaya terorganisir dari individu untuk
memproduksi dan menjual sebuah barang dan jasa yang digunakan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan masyarakat yang dapat mendatangkan keuntungan bahkan
kerugian bagi produsen.
Jadi, peran lembaga kursus bimbingan bisnis online bagi
masyarakat yang hendak ataupun sedang melakukan bisnis online adalah
meningkatkan wawasan serta keterampilan dalam berbisnis oline dan juga melejitkan
keuntungan dari bisnis online yang telah dikelolanya.
Konsep Dasar Lembaga Bimbingan Bisnis Online Untuk
Melejitkan Keuntungan Dalam Berbisnis Online
Lembaga
bimbingan bisnis online (e-commerce) adalah
tempat atau wadah yang bertujuan membekali individu atau kelompok mengenai
wawasan segala sesuatu yang diperlukan dalam bisnis berbasis online. Prinsip
yang dijalankan dalam berbisnis online ini hampir sama dengan bisnis offline
antara lain produk, jasa, dan ada nilai tambah yang perlu dijual. Hanya bedanya
pemasaran dilakukan melalui media internet dan konsumen serta produsen tidak
dapat bertatap muka langsung dalam proses transaksi.
Tujuan lembaga
bimbingan bisnis online antara lain: 1) Pelaku bisnis online berwawasan serta
memiliki keterampilan pemasaran barang dan/atau jasa dalam berbisnis online; 2)
Pelaku bisnis memahami benar mengenai barang atau jasa yang banyak diminati
masyarakat; 3) Pelaku bisnis online paham benar mengenai kualitas barang atau
jasa yang dijual; dan 4) Pelaku bisnis online paham tata cara bertransaksi
dengan konsumen secara benar.
Manfaat
lembaga bimbingan bisnis online yakni mempermudah pelaku bisnis online
menjalankan bisnisnya sehingga meningkatkan keuntungan penjualan barang/jasa
dalam bisnis online.
Klasifikasi
produk yang dipasarkan dalam berbisnis online dibagi menjadi dua yaitu: 1)
Produk berupa barang, seperti pakaian, alat elektronik, produk kecantikan,
peralatan rumah tangga, dan lain-lain; 2) Produk berupa jasa, seperti jasa
membersihkan sepatu, jasa katering, jasa rental kendaraan, dan lain-lain.
Format Pembelajaran
Dalam Kubis Online, Kursus Bimbingan
Bisnis Online Untuk Melejitkan Keuntungan Dalam Berbisnis Online
1.
Ketentuan barang atau jasa yang dijual
a.
Pilihlah barang atau jasa yang memiliki
permintaan yang tinggi.
Pilih barang atau jasa yang mempunyai permintaan yang tinggi dari calon pembeli.
Melihat beberapa peluang yang memiliki daya beli dan kebutuhan dalam masyarakat
meningkat, maka tidak ada salahnya memasarkan suatu produk atau jasa untuk
dijual melalui online.
b.
Disarankan memilih barang yang tidak ada
inventory. Contohnya, ada suatu toko online
dengan brand ternama tetapi pada saat pembeli ingin memilih suatu produk di
toko offline-nya langsung, toko online tersebut tidak mempunyai stock atau inventory,
toko hanya mengambil pada supplier pada saat sudah ada transaksi. Karena yang
ditawarkan hanya pelayanan dan jasa saja. Sebagai pemula, ini salah satu cara
yang aman untuk menjajaki seberapa besar suatu pasar pada nilai suatu barang.
2.
Ketentuan Harga
Untuk
menentukan harga konsumen dapat menggunakan cara:
Penetapan harga berdasarkan
biaya (cost based princing) yaitu dengan cara harga yang ditetapkan berdasarkan
biaya-biaya yang dikeluarkan setiap satuan produk, ditambah dengan keuntungan
atau laba yang dikehendaki. (Kusdianto: 2018) mengatakan ada 2
cara menentukan harga jual berdasarkan biaya:
a.
Harga biaya plus ( cost push pricing method)
Dengan cara ini penjual dapat
menghitung dengan cara menghitung jumlah biaya produksi, kemudian tambahkan
dengan nilai keuntungan yang diinginkan.
RUMUS: Harga Jual = Modal (biaya produksi) + Laba
b.
Harga Mark-Up
Cara ini pedangan
membeli barang dari supplier, kemudian menjual kembali dengan menambahkan Mark-Up harga. Kuntungan yang diperoleh
pedagang berasal dari sebagian
Mark-Up
tersebut. Sebagian lain dari Mark-Up
digunakan untuk menutup biaya operasional yang telah dikeluarkan oleh pedagang
RUMUS: Harga Jual = Harga Beli
+ Mark-up.
Tetapi jika menjadi reseller anda hanya perlu
mengetahui harga pokok produk yang ditetapkan produsen/supplier yang kadang
memberikan harga khusus dan harga rekomendasi kepada para resellernya, kemudian
menghitung ongkos kirim dan biaya operasional yang harus dikeluarkan serta laba
yang diinginkan. Secara umum rumus keuntungan bagi reseller bisnis online
adalah harga jual dikurangi harga beli. Contohnya, jika Anda membeli produk
senilai Rp100.000 dari produsen, maka Anda harus menjual produk di atas harga
tersebut.
Komponen Biaya Reseller
Bisnis Online. Jika Anda masih bingung,
berikut beberapa hal yang harus dimasukkan ke dalam perhitungan harga:
1. Biaya
Operasional
Anda harus ingat, akan selalu ada biaya operasional yang akan Anda keluarkan. Anda perlu membayar ongkos kirim, uang untuk membeli bensin atau biaya transportasi, biaya packing bukan? Bahkan biaya pulsa serta tenaga dan waktu Anda juga harus dimasukkan dalam perhitungan. 2. Biaya Investasi
Biaya investasi adalah segala macam biaya yang nantinya akan Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Anda tentu ingin menambah item produk yang dijual dan mengembangkan usaha Anda.Atau mungkin Anda sudah ingin memiliki merek sendiri dan tidak lagi mengambil barang dari supplier atau Anda ingin membuka usaha lain yang modalnya Anda peroleh dari bisnis ini. Biaya inilah yang masuk dalam biaya investasi yang harus dimasukkan dalam menentukan harga. Banyak reseller yang mengabaikan biaya investasi ini, sehingga usahanya tidak berumur panjang.
Anda harus ingat, akan selalu ada biaya operasional yang akan Anda keluarkan. Anda perlu membayar ongkos kirim, uang untuk membeli bensin atau biaya transportasi, biaya packing bukan? Bahkan biaya pulsa serta tenaga dan waktu Anda juga harus dimasukkan dalam perhitungan. 2. Biaya Investasi
Biaya investasi adalah segala macam biaya yang nantinya akan Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Anda tentu ingin menambah item produk yang dijual dan mengembangkan usaha Anda.Atau mungkin Anda sudah ingin memiliki merek sendiri dan tidak lagi mengambil barang dari supplier atau Anda ingin membuka usaha lain yang modalnya Anda peroleh dari bisnis ini. Biaya inilah yang masuk dalam biaya investasi yang harus dimasukkan dalam menentukan harga. Banyak reseller yang mengabaikan biaya investasi ini, sehingga usahanya tidak berumur panjang.
3. Biaya tak terduga Selalu akan ada hal tidak terduga dalam bisnis
contoh seperti produk rusak,
kesalahan packing, kadaluarsa dan sebagainya. Di awal, jenis biaya ini memang
tak harus dimasukkan dalam perhitungan harga, tapi jika Anda ingin serius di bisnis
ini, maka ke depan Anda perlu memasukkan jenis biaya ini.
3. Strategi Pemasaran
a. Content Marketing
Salah satu tujuan utama para pengguna internet berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah, strategi bisnis Content Marketing adalah berupaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, toko online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik dan menarik.
Salah satu tujuan utama para pengguna internet berselancar di dunia maya adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah, strategi bisnis Content Marketing adalah berupaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, toko online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik dan menarik.
b.. Mobile Marketing
Salah satu strategi pemasaran di dunia maya yang sedang ngetrend adalah Mobile Marketing. Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada calon-calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk lewat ponsel mencapai 30-40%.
Salah satu strategi pemasaran di dunia maya yang sedang ngetrend adalah Mobile Marketing. Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada calon-calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile, seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk lewat ponsel mencapai 30-40%.
c. Continuous Marketing
Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi jalur utama dalam melaksanakan Continuous Marketing. Pemasaran berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam jaringan media sosial. Selain itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis berbagai data, misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi jalur utama dalam melaksanakan Continuous Marketing. Pemasaran berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam jaringan media sosial. Selain itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis berbagai data, misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
d. Integrated Digital Marketing
Integrated digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.
Integrated digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.
e. Visual Marketing
Kata pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan. Saat ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.
Kata pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan. Saat ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.
f. Personalized Marketing
Personalized Marketing atau juga biasa disebut dengan istilah one to one marketing adalah strategi pemasaran dengan mengedepankan bahwa setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan untuk masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user, baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun, untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan strategi Personalized Marketing. (bn/dari berbagai sumber)
Personalized Marketing atau juga biasa disebut dengan istilah one to one marketing adalah strategi pemasaran dengan mengedepankan bahwa setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan untuk masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user, baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun, untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan strategi Personalized Marketing. (bn/dari berbagai sumber)
4. Alur Transaksi
(Farizki: 2012)
mengatakan alur transaksi yang pertama ketika penjual menerima pesanan:
a. Notifikasi pemesanan/order akan terlihat pada ICON 2
yang terletak pada bagian atas admin toko online anda.
b. Di dalam
notifikasi pemesenan /order anda akan mengetahui informasi detail pembelian,
seperti jenis produk, alamat pengiriman, logistic yang di pilih oleh pembeli,
metode pembayaran yang dipilih pembeli, dan lain lain.
c. Setiap toko
online yang dimiliki oleh penjual di fasilitasi dengan 3 metode pembayaran yang
telah di fasilitasi oleh bukaloka di antaranya :
1. Direct Transfer: pembayaran langsung kerekening
penjual.
2. COD :Pembeli dapat memilih metode pembayaran COD untuk
melakukan pembayaran langsung kepada penjual di tempat.
3. RekBer Bukaloka : Penjual dapat memilih metode pembayaran RekBer Bukaloka
untuk melakukan pembayaran transfer melalui peran tara bukaloka,
Kedua, ketika pembeli menggunakan pembayaran dengan metode yang dimiliki sipenjual , maka notifikasi akan masuk kedalam admin took penjual setelah pembeli melakukan pesanan
danSetelah penjual klik tombol “TERIMA ORDER” pada notifikasi order yang masuk akan diterima pembeli,
Ketiga, hal yang harus penjual
lakukan adalah mengemas barang pesanan dan membawanya keagen logistic yang telah di pilih oleh pembeli jika menggunakan metode pembayaran
RekBer Bukaloka. Pada saat pengiriman barang, anda wajib membayarkan pengiriman barangnya, karena total pembayaran yang telah di bayarkan pembeli kepada bukaloka sudah termasuk dengan biaya pengiriman
yang sesuai dengan logistic yang telah dipilih oleh pembeli.
Setelah itu pastikan Anda meminta surat/bukti pengiriman barang dari logistic yang di dalam surat/bukti tersebut tertera nomor resi pengiriman. Kemudian, masukkan nomor resi tersebut di kolom masukan resi pada orderan yang anda terima. Pembeli diberikan waktu 7x24 jam untuk melakukan respon berupa konfirmasi penerimaan barang atau complain sejak nomer resi telah memasukan nomer resi pengiriman.
Setelah itu pastikan Anda meminta surat/bukti pengiriman barang dari logistic yang di dalam surat/bukti tersebut tertera nomor resi pengiriman. Kemudian, masukkan nomor resi tersebut di kolom masukan resi pada orderan yang anda terima. Pembeli diberikan waktu 7x24 jam untuk melakukan respon berupa konfirmasi penerimaan barang atau complain sejak nomer resi telah memasukan nomer resi pengiriman.
Keempat, jika pembeli telah melakukan konfirmasi penerimaan barang, penjual akan menerima notifikasi bahwa pembeli telah menerima barang yang telah anda kirim tanpa
complain. Dan akan dimasukan kedalam saldo akun bukaloka yang anda miliki,
dengan demikian anda dapat melakukan penarikan dana
yang akan dikirim kerekening tabungan anda. Dengan menekan tombol
“Tarik Dana”.
5. Cara berkomunikasi dengan konsumen
a.
Interaksi positif di sosial media
Selain untuk menampilkan
produk dan menjadi media promosi, media sosial juga dapat menjadi wadah yang
efektif untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen. Contoh lain yang
sensitif dan krusial adalah jika ada kritik atau komplain di kolom komentar akun
media sosial yang digunakan untuk berjualan online. Kamu diharapkan cepat
tanggap dalam memberikan jawaban atau mengarahkan topik terkait ke tim yang
tepat. Jangan lupa selalu mengapresiasi tanggapan dari konsumen mulai dari
pujian, komentar, saran sampai kritik selama tanggapan tersebut masih
berhubungan dengan bisnis kamu.
b.
Merespons pertanyaan yang masuk di contact form
Untuk memudahkan komunikasi, pertanyaan yang
diterima melalui contact form bisa diarahkan untuk masuk ke email tertentu.
Sebaiknya dibuatkan jadwal pengecekan email dari konsumen secara berkala,
kemudian balaslah satu per satu semua yang berhubungan dengan bisnis online.
Siapa tahu dari pertanyaan yang masuk lewat halaman kontak, kamu mendapatkan
kesempatan mengembangkan bisnis atau menjalin kemitraan yang strategis
dengan pihak lain. Jadi, optimalkan contact form di website toko online kamu.
c.
Memanfaatkan email marketing dengan tepat
Email marketing memiliki
banyak manfaat bagi sebuah bisnis, antara lain proses pengiriman pesan yang ditujukan
langsung ke seseorang secara cepat, murah, dan lebih mudah dianalisis sehingga
bisa meningkatkan hubungan baik antara penjual online dengan konsumen.
Perhatikan waktu pengiriman email dan informasi yang disampaikan kepada
konsumen.Yang paling penting, jangan mengirimkan email bertubi-tubi agar tidak
dianggap sebagai spam.
d.
Menepati
janji kepada konsumen
Setiap hal yang
disampaikan toko online bisa dianggap sebagai janji oleh konsumen. Contohnya
fitur produk, klaim sebagai bisnis nomor 1, promosi, ataupun kesanggupan
memenuhi permintaan konsumen. Oleh karena itu, pastikan kembali dan yakinkan
bahwa segala informasi yang diberikan kepada konsumen memang sesuai dengan
kondisi sebenarnya dan dapat diwujudkan dengan baik. Ketika layanan yang
diberikan sesuai dengan fakta yang dirasakan kekonsumen, maka mereka akan
senantiasa puas.
Implementasi Dari Hasil Bimbingan Kubis Online, Kursus Bimbingan Bisnis Online Untuk Melejitkan
Keuntungan Dalam Berbisnis Online.
1. Materi yang Diberikan dalam Bimbingan Bisnis Online
Pelaksanaan kursus berbisnis online,
yang diselenggarakan oleh Kubis Online menjadi
salah satu alternative pendidikan dalam hal bisnis. Terdapat beberapa karakteristik umum yang menjadi prasyarat sebuah aktifitas pendidikan dan beberapa hal lain yang dinilai unik sebagai suatu alternative pendidikan non
formal.
Agar
pelaksanaan kursus terarah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai penyelenggara, maka ada pedoman materi yang disampaikan oleh trainer kepada peserta. Materi yang
diberikan berdasarkan pada kebutuhan peserta terkait bisnis internet
marketing. Adapun pengajar paham informasi-informasi mengenai perkembangan bisni sonline di Indonesia, serta cara-cara jitu berbisnis secara online.
Materi-materi secara praktis ditekankan pada pengoptimasian bisnis melalui jaringan internet yang
diaplikasikan dalam mesin pencari di internet.
Namun yang menjadi catatan pentinga dalam pelaksanaan bisnis pada nantinya lebih banyak disajikan dalam bentuk praktik dari pada sekedar teori.
Dalam pelaksanaan bimbingan di Kubis Online memberikan materi yang lebih mengarah pada upaya optimasi bisnis melalui jaringan internet.
Materi-materi disusun berdasarkan pengalaman trainer dalam menjalankan bisnis melalui jaringan internet.
Materi-materi tersebut tergabung menjadi format
pembelajaran dalam berbisnis melalui jaringan internet. Format pembelajaran yang
disusun adalah kurikulum berbasis continuous
learning yang dirancang dan disusun oleh tim trainer.
Format pembelajaran dan sistem pembelajaran dalam
bimbingan Kubis Online praktis dan bisa langsung diterapkan dalam bisnis. Format
pembelajaran ini tidak statis tapi dinamis. Dinamis disini berarti materi pelatihan yang disusun menyesuaikan kemajuan dan perkembangan bisnis serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena dalam berwirausaha,
wirausahawan dituntut untuk penuh dengan ide-ide kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan jaman dengan cepat. Model-model pemasaran dan bisnis semakin berkembang dan diharapkan materi pelatihan yang
diberikan sesuai dengan trend bisnis
yang sedang berlangsung saat ini.
Pembagian waktu penyampaian materi pelatihan sangat penting agar materi
yang disusun dapat tersampaikan semua sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Berkaitan dengan alokasi waktu bimbingan itu 90 menit perhari dimulai pada pukul 18.30 sampai dengan 20.00 WIB,
bimbingan sendiri
3 hari yakni pada hari senin, selasa, dan rabu.
2. Metode yang Digunakan dalam Bimbingan Kubis Online
Pelatih kursus mengedepankan keterbukaan kepada para peserta.Keterbukaan ini terkait terhadap materi-materi bimbingan yang
disajikan dan pengalaman-pengalaman baik dari peserta maupun pelatih sebagai bahan pembelajaran yang perlu dibahas dalam pelatihan, sehingga
para peserta dapat memecahkan masalah yang
berhubungan dengan bisnis online sebagai materinya.
Komunikasi antara peserta dan pengajar harus terjalin baik sehingga proses
pelaksanaan bimbingan berjalan dengan baik karena komunikasi merupakan hal yang terpenting dalam proses belajar mengajar pada pelatihan tersebut. Metode yang
digunakan dalam pelaksanaan pelatihan yaitu menggunakan ceramah dan praktek lapangan. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan materi yang sifatnya teoritis. Setelah teori disampaikan kita langsung praktek dengan harapan materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami sehingga peserta mudah mengaplikasikannya. Praktek digunakan agar peserta lebih paham dengan penyampaian materi teoritis yang telah disampaikan oleh pengajar diawal sesi pelatihan.
3. Strategi Pembelajaran dalam Pelaksanaan Bimbingan Kubis Online
Strategi pembelajaran dilakukan agar
pelaksanaan bimbingan bisnis online untuk
melejitkan keuntungan dalam berbisnis online.
Strategi belajar
yang digunakan adalah strategi belajar yang
berorientasi pada pelatih.
Pelatih mempersiapkan materi yang matang sebelum membimbing dan menguasai meteri yang
disampaikan. Peserta kursus menyimak materi yang disampaikan oleh pelatih dan memahami materi dengan cara mengaplikasikannya dalam penugasan prakek.
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Lembaga bimbingan bisnis online atau Kubis Online ini untuk
melejitkan keuntungan dalam berbisnis online sangat diperlukan bagi para
pebisnis, terutama yang baru mengenal tentang berbisnis. Seiring dengan berkembangnya
bisnis online, dalam hal ini para pebisnis perlu dibimbing dengan wawasan,
keterampilan, dan skill yang mumpuni mengenai berbisnis. Berbisnis online bukan
hanya sekedar berbisnis, tetapi perlu mengerti ketentuan dan tata cara
berbisnis yang baik, mulai dari promosian barang atau jasa hingga transaksi
dengan konsumen, serta strategi-strategi jitu menarik minat konsumen untuk melejitkan
keuntungan berbisnisnya.
B.
SARAN
Demikian yang
dapat penulis uraikan mengenai kursus bimbingan bisnis online untuk melejitkan
keuntungan dalam berbisnis online dalam penulisan makalah ini terdapat
kata-kata yang kurang jelas ataupun cara penyajiannya kurang tepat, makalah ini
jauh dari kata sempurna oleh karenanya kritik dan saran dari pembaca sangat
penulis harapkan untuk perbaikan penulisan makalah yang selanjutnya, penulis
juga menyarankan kepada pembaca yang ingi mengetahui lebih dalam tentang hal
tersebut diatas untuk mencari referensi mellui media lain yang tersedia.
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi
& Ahmad Rohani. (1991). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : PT
Rineka Cipta.
Farizki, M. 2012. Implementasi
Pelatihan Optimasi Bisnis Melalui Jaringan
Internet bagi Pengusaha Kecil di
Daerah Istimewa Yogyakarta Yang
Diselenggarakan oleh Mata Air Production. Skripsi tidak diterbitkan.
Yogyakarta:
FIP UNY.
Kusdianto. H.
2018. Strategipenetapanharga:
caramenentukanhargajual
(Bag.2).(http://www.pojokbisnis.com/pemasaran/strategi-penetapan
harga-cara-menentukan-harga-jual-bag-2).
Diakses 17 April 2018.
(http://www.ayopreneur.com/penjualan-dan-pemasaran/5-strategi-pemasaran terbaru-di-bisnis-online).
Diakses 17 April 2018.
2016. BangunKomunikasi Online yang
PositifdenganKonsumen.
(https://www.sirclo.com/blog/2016/09/bangun-komunikasi-online-yang-positif-dengan-konsumen)
.Diakses 17 April 2018.
0 komentar:
Posting Komentar