Blogroll

Kamis, 19 September 2019

Analisis, Sintesis, Diagnosis, Prognosis, Treatment, dan Follow Up


Melakukan Analisis, Sintesis, Diagnosis, Prognosis, Treatment, dan Follow Up dalam Menyelesaikan Masalah Anak Mengerjakan Tugas dengan Kebut Semalam


Tugas Individu
Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Perkembangan Peserta Didik
Yang dibina oleh Bapak Dr. Adi Atmoko, M.Si




                                               Disusunoleh:
Dewi Rahayu  (170131601017)










UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN
April, 2018


Hasil Observasi
Hasil Rekaman Wawancara dengan siswa
Tgl                   : 23 April 2018
Waktu             : 19.15 WIB
Pertanyaan
Jawaban
Apakah benar Farida sering mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam  dan mengerjakannya asal-asalan
iya. Saya sering mengerjakan tugas mepet-mepet dan asal-asalan jadinya
Bisa Farida ceritakan kenapa sering  mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam
Karena kurangnya kesadaran saya akan tugas dan juga malas untuk mengerjakannya.
Apa yang menyebabkan Farida sering mengerjakan tugas dengan kebut semalam dan asal-asalan
Terkadang saat pelajaran saya bergurau/ngobrol sendiri dengan teman sehingga saya tidak faham dengan tugas yang diberikan. Saat dirumah juga asik dengan bermain hp.
Bisa Farida jelaskan mengapa Farida bisa malas mengerjakan
Saya terkadang tidak faham dengan tugas yang diberika dan juga keasikan main hp pada akhirnya lupa dengan tugasnya
jadi alasannya mengapa farida sering mengerjakan tugas mepet dan aslal-asalan itu. Karena kurang faham tentang tugasnya dan menyebabkan malas saat mengerjakan. Akhirnya keenakan main hp dan lupa kalau ada tugas?
Benar sekali
Adakah rasa kurang enak atau takut saat mengerjakan tugas mepet dan asal-asalan begitu
Pastinya ada, saya takut jika mengerjakan mepet  tugas saya tidak selesai dan jika asal-aslan nilai saya bisa jelek begitu.




A.    Latar Belakang
Seorang  siswa kelas 2 SMP  yang bernama Farida Tri Kumala. Dia mempunyai masalah tentang bagaimana cara menghilangkan kebiasaan saat mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam sehingga menjadi asal-asalan. Dia saat mengerjakan tugas merasa malas dan akhirnya dia bermain hp sehingga lupa dalam mengerjakan tugasnya.
Identitas Siswa
1.      Nama               :Farida Tri Kumala
2.      TTL                 :Blitar, 2 Januari 2004
3.      Jenis Kelamin  : Perempuan
4.      Alamat            :Bakung Udanawu Blitar
5.      Agama             : Islam
6.      Suku Bangsa   : WNI
7.      Status Anak    : Anak ketiga dari tiga bersaudara
8.      Umur               : 14
9.      Jenis-jenis masalah: 1.    Suka ngobrol sendiri saat pelajaran
2.      Suka mengerjakan dengan kebut semalam
3.      suka mengerjakan tugas asal-asalan
B.     Pengumpulan Data
1.      Data siswa Tentang Kesehatan
a)      Secara fisik sehat
b)      Penglitan minus
c)      Daya tangkap kurang baik
d)     Tubuh tinggi berisi
2.      Hubungan Sosial
a)      Anak ketiga dari tiga bersaudara
b)      Jarang kominikasi dengan orang tua
c)      Hubungan dengan teman baik dan akrab
3.      Data Pendidikan
a)      Usia 4-5 tahun masuk TK
b)      Usia 6-12 tahun masuk SD
c)      Usia 13-15 tahun masuk SMP
4.      Analisis Data
a)      Kelebihan konselidisekolah
1.      Badan sehat dan tidak cacat
2.      Mempunyai jiwa penolong
3.      Mudah berkomunikasi dan bergaul di sekolah
4.      Selalu ceria
b)      Kekurangan konselidisekolah
1.      Sering bergurau/ngobro sendiri dikelas
2.      Sering tidak faham
3.      Sering malas belajar
4.      Suka main hp berlebihan

C.    Sintesis
Sintesis adalah kesimpulan sementara berdasarkan dari hasil analisis. Melihat dari tingkah laku Farida yang suka mengerjakan tugas dengan kebut semalam dan menjadi asal-asalan dalam mengerjakannya. Karena dia sering ngobrol/ngomong sendiri jika gurunya mengajarataupunmemberikan tugas sehingga  dia  kesulitan atau tidak fahamdengantugasnyadariketidakfahamanitudiamerasamalasmengerjakandanakhirnyadiamenunda-nundatugasnya.
D.  Diagnosis
Saat bertemu dengan  farida, saya mewawancarainya tentangperasahan yang sedang dialaminya.
1.      Gejala yangsering timbul sebagai berikut:
a.       Tidak faham terhadap tugasnya
b.      Malas saat mengerjakan
c.       Kurang menyukai pelajarannya
d.      Suka bercanda saat pelajaran
e.       Asik main hp saat dirumah
2.      Sebab sekunder
Pribadi:
a.       Keinginan belajar kurang
b.      Tidak faham tugas/materinya
c.       Banyak bergurau
d.      Kurang disipin dalammengikuti pembelajaran
3.      Sebab primer
Pribadi:
a.       Maslah psikologis, seperti pemalas
E.       Prognosis
Langkah awal untuk mengatasi anak yang sering mengerjakan dengan kebut semalam dan asal-asalan, guru atau peneliti harus melihatfaktor penyebabnya, bilafaktorpenyebabnyadarifisikanakmakasebagaiseorang guru harusbisamencari alternative kegiatan belajar dirumah yang dapat memusatkanperhatiandan konsentrasi anak. Berdasarkandiagnosis ternyatafaktor  penyebabFarida suka mengerjakan tugas dengan kebut semalam dan asal-asalan. karena, pada saat pembelajaran farida tidak meperhatikan pelajaran yang di sampaikan gurunya, juga merasa bahwa jadwal yang didapat membuatFarida lelah, ditambah lagi Farida sering keasikan main hp, yang membuat  Farida meremehkan tugas-tugasnya sehingga  Farida menunda-nunda untuk mengerjakannya. Hal tersebut memberikan dampak, Farida sering tidak faham dan dengan adanya jadwal yang melelahkan dan juga keasikan main hp menyebabkan Farida merasa kecapean dan malas untuk mengerjakan tugasnya.
Jadilangkahawal yang dapatdilakukanuntukmembantumengatasimasalahtersebut adalah guru harus membuat siswa faham dan membuat siswa untuk dapat memusatkan perhatiannya pada saat belajar mengajar dimulai. Selainituanak yang mengalamimasalah suka mengerjakan dengan kebut semalam dan asal-asalan dapatditanganidengancarasebagaiberikut:
1.      Memberikan kesempatan kepada anak untuk duduk di depanataudekat dengan guru agar guru dapat memperhatikan siswa itu.
2.      Memberikanwaktuistirahatkepadaanak agar tidakmerasakecapaiandenganmenggerak-gerakananggotabadannya.
3.      Dan orang tua sangat berperan sekali dalam kehidupan anaknya. Orangtua sebaiknya untuk selalu mengigatkan akan tugas anaknya/mengigatkan untuk belajar.
4.      Dan orang tua juga harus membatasi anak jika bermain hp.

F.     Treatment
1.      Treatment Disekolah   
            Tindakan penangananuntukanak yang mengerjakan tugas dengan kebut semalam dan asal-asalan yang pertamayaitu dengan membuat anak supaya Mempunyai rasa suka/cinta terhadap pelajaran. Tujuannyadengan mempunyai rasa suka ini sedikit banyak akan menimbulkan motivasi untuk melakukan kegiatan belajar. Seandainya kita mempunyai perasaan tidak suka terhadap sesuatu pasti kita tidak akan melakukan sesuatu terhadap semua hal yang tidak kita sukai. SelanjutnyaMempunyai kedisiplinan dalam belajar.Sikap disiplin ini akan menghilangkan rasa malas dalam belajar. Apabila kita mempunyai kedisiplinan kita tidak akan menunda-nunda. Suatu pekerjaan terutama masalah mengerjakan tugas. Kedisiplinan akan menghilangkan kebiasaan kita mengerjakan dengan secara sistem kebut semalam. Karena dengan disiplin kita akan senantiasa belajar setiap hari dan juga mengerjakan tugas tidak menunda-nundanya.
Selainitu, untukmenanganianak suka mengerjakan dengan kebut semalam guru dapat melakukan cara-cara sebagai berikut:
a.       Guru harusbisamemberikanpengarahankepadaanakbahwaapa yang dilakukannyaitusalahdandapat merugikan dirinya sendiri.
b.      Guru memberikanmotivasikepadaanakdengancaramemberikanpujian-pujiandanhadiah ketika dia mendapat nilai bagus agar anaktersebutsemangatdalambelajar dan mengerjakan tugas dengan baik sehingga dia dapat memperhatikanapa yang disampaikan guru.
2.      Treatment Dirumah
      Orang tua harus lebih memperhatik anaknya, dengan cara meberikan motivasi dan dorongan supaya anak mau belajar setiap hari dan mengerjakan tugas dengan benar.  Berika apresiasi pada anak jika mereka mendapatkan nilai yang bagus.

G. Follow-up
      Usaha bantuan yang sudah diberikan tidak hanya dibiarkan saja, tetapi harus ditindak lanjuti supaya anak yang bermasalah tidak kembali pada permasalahan sebelumnya, untuk itu dalam menindak lanjuti anak yang bermasalahi peraktifini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Guru mengadakan komunikasi dengan orang tua untuk mengatasi masalah secara bersama.
2.      Selalu memberikan pengertian agar anak  tersebut tidak melakukan masalah lagi.
3.      Selalu memberikan kesempatan kepada anak untuk istirahat supaya mereka tidak jenuh/bosan dengan pelajaran atau tugas-tugasnya.
4.      Memberikan bimbingan kepada siswa agar bisa menggunakan waktu dengan baik.
















0 komentar:

Posting Komentar