Melakukan
Analisis, Sintesis, Diagnosis, Prognosis, Treatment, dan Follow Up dalam
Menyelesaikan Masalah Anak Mengerjakan Tugas dengan Kebut Semalam
Tugas Individu
Disusun untuk
memenuhi tugas matakuliah Perkembangan Peserta Didik
Yang dibina oleh
Bapak Dr. Adi Atmoko, M.Si
Disusunoleh:
Dewi Rahayu (170131601017)
UNIVERSITAS NEGERI
MALANG
FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
April, 2018
Hasil
Observasi
Hasil Rekaman Wawancara dengan siswa
Tgl :
23 April 2018
Waktu :
19.15 WIB
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Apakah
benar Farida sering mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam dan mengerjakannya asal-asalan
|
iya.
Saya sering mengerjakan tugas mepet-mepet dan asal-asalan jadinya
|
Bisa
Farida ceritakan kenapa sering
mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam
|
Karena
kurangnya kesadaran saya akan tugas dan juga malas untuk mengerjakannya.
|
Apa
yang menyebabkan Farida sering mengerjakan tugas dengan kebut semalam dan
asal-asalan
|
Terkadang
saat pelajaran saya bergurau/ngobrol sendiri dengan teman sehingga saya tidak
faham dengan tugas yang diberikan. Saat dirumah juga asik dengan bermain hp.
|
Bisa
Farida jelaskan mengapa Farida bisa malas mengerjakan
|
Saya
terkadang tidak faham dengan tugas yang diberika dan juga keasikan main hp
pada akhirnya lupa dengan tugasnya
|
jadi
alasannya mengapa farida sering mengerjakan tugas mepet dan aslal-asalan itu.
Karena kurang faham tentang tugasnya dan menyebabkan malas saat mengerjakan.
Akhirnya keenakan main hp dan lupa kalau ada tugas?
|
Benar
sekali
|
Adakah
rasa kurang enak atau takut saat mengerjakan tugas mepet dan asal-asalan
begitu
|
Pastinya
ada, saya takut jika mengerjakan mepet
tugas saya tidak selesai dan jika asal-aslan nilai saya bisa jelek
begitu.
|
A.
Latar
Belakang
Seorang siswa kelas 2 SMP yang bernama Farida Tri Kumala. Dia mempunyai
masalah tentang bagaimana cara menghilangkan kebiasaan saat mengerjakan tugas
dengan sistem kebut semalam sehingga menjadi asal-asalan. Dia saat mengerjakan
tugas merasa malas dan akhirnya dia bermain hp sehingga lupa dalam mengerjakan
tugasnya.
Identitas Siswa
1. Nama :Farida
Tri Kumala
2. TTL :Blitar,
2 Januari 2004
3. Jenis
Kelamin : Perempuan
4. Alamat
:Bakung Udanawu Blitar
5. Agama : Islam
6. Suku
Bangsa : WNI
7. Status
Anak : Anak ketiga dari tiga bersaudara
8. Umur : 14
9. Jenis-jenis
masalah: 1. Suka ngobrol sendiri saat
pelajaran
2. Suka
mengerjakan dengan kebut semalam
3. suka
mengerjakan tugas asal-asalan
B.
Pengumpulan
Data
1. Data
siswa Tentang Kesehatan
a) Secara
fisik sehat
b) Penglitan
minus
c) Daya
tangkap kurang baik
d) Tubuh
tinggi berisi
2. Hubungan
Sosial
a) Anak
ketiga dari tiga bersaudara
b) Jarang
kominikasi dengan orang tua
c) Hubungan
dengan teman baik dan akrab
3. Data
Pendidikan
a) Usia
4-5 tahun masuk TK
b) Usia
6-12 tahun masuk SD
c) Usia
13-15 tahun masuk SMP
4. Analisis
Data
a) Kelebihan
konselidisekolah
1. Badan
sehat dan tidak cacat
2. Mempunyai
jiwa penolong
3. Mudah
berkomunikasi dan bergaul di sekolah
4. Selalu
ceria
b) Kekurangan
konselidisekolah
1. Sering
bergurau/ngobro sendiri dikelas
2. Sering
tidak faham
3. Sering
malas belajar
4. Suka
main hp berlebihan
C.
Sintesis
Sintesis
adalah kesimpulan sementara berdasarkan dari hasil analisis. Melihat dari
tingkah laku Farida yang suka mengerjakan tugas dengan kebut semalam dan menjadi
asal-asalan dalam mengerjakannya. Karena dia sering ngobrol/ngomong sendiri
jika gurunya mengajarataupunmemberikan
tugas sehingga dia kesulitan atau tidak fahamdengantugasnyadariketidakfahamanitudiamerasamalasmengerjakandanakhirnyadiamenunda-nundatugasnya.
D. Diagnosis
Saat bertemu dengan farida, saya mewawancarainya tentangperasahan
yang sedang dialaminya.
1. Gejala
yangsering timbul sebagai berikut:
a. Tidak
faham terhadap tugasnya
b. Malas
saat mengerjakan
c. Kurang
menyukai pelajarannya
d. Suka
bercanda saat pelajaran
e. Asik
main hp saat dirumah
2. Sebab
sekunder
Pribadi:
a. Keinginan
belajar kurang
b. Tidak
faham tugas/materinya
c. Banyak
bergurau
d. Kurang
disipin dalammengikuti pembelajaran
3. Sebab
primer
Pribadi:
a. Maslah
psikologis, seperti pemalas
E.
Prognosis
Langkah awal untuk mengatasi anak yang sering
mengerjakan dengan kebut semalam dan asal-asalan, guru atau peneliti harus
melihatfaktor penyebabnya, bilafaktorpenyebabnyadarifisikanakmakasebagaiseorang
guru harusbisamencari alternative kegiatan belajar dirumah yang dapat
memusatkanperhatiandan konsentrasi anak. Berdasarkandiagnosis ternyatafaktor penyebabFarida suka
mengerjakan tugas dengan kebut semalam dan asal-asalan. karena,
pada saat pembelajaran farida tidak meperhatikan pelajaran yang di sampaikan gurunya,
juga merasa bahwa jadwal yang didapat membuatFarida
lelah, ditambah lagi Farida sering keasikan main hp, yang membuat Farida meremehkan tugas-tugasnya
sehingga Farida menunda-nunda untuk
mengerjakannya. Hal tersebut memberikan dampak, Farida sering
tidak faham dan dengan adanya jadwal yang melelahkan dan juga keasikan main hp menyebabkan
Farida merasa kecapean dan malas untuk mengerjakan tugasnya.
Jadilangkahawal yang
dapatdilakukanuntukmembantumengatasimasalahtersebut adalah guru harus membuat
siswa faham dan membuat siswa untuk dapat memusatkan perhatiannya pada saat
belajar mengajar dimulai. Selainituanak yang mengalamimasalah suka mengerjakan
dengan kebut semalam dan asal-asalan dapatditanganidengancarasebagaiberikut:
1. Memberikan
kesempatan kepada anak untuk duduk di depanataudekat dengan guru agar guru
dapat memperhatikan siswa itu.
2. Memberikanwaktuistirahatkepadaanak
agar tidakmerasakecapaiandenganmenggerak-gerakananggotabadannya.
3.
Dan orang tua sangat berperan sekali dalam
kehidupan anaknya. Orangtua sebaiknya untuk selalu mengigatkan akan tugas
anaknya/mengigatkan untuk belajar.
4.
Dan orang tua juga harus membatasi anak jika
bermain hp.
F.
Treatment
1. Treatment
Disekolah
Tindakan penangananuntukanak
yang mengerjakan tugas dengan kebut semalam dan asal-asalan yang pertamayaitu
dengan membuat anak supaya Mempunyai rasa
suka/cinta terhadap pelajaran.
Tujuannyadengan mempunyai rasa suka ini
sedikit banyak akan menimbulkan motivasi untuk melakukan kegiatan belajar.
Seandainya kita mempunyai perasaan tidak suka terhadap sesuatu pasti kita tidak
akan melakukan sesuatu terhadap semua hal yang tidak kita sukai. SelanjutnyaMempunyai kedisiplinan dalam belajar.Sikap disiplin ini akan menghilangkan rasa malas dalam belajar. Apabila
kita mempunyai kedisiplinan kita tidak akan menunda-nunda. Suatu pekerjaan
terutama masalah mengerjakan tugas. Kedisiplinan akan menghilangkan kebiasaan kita mengerjakan
dengan secara sistem kebut semalam. Karena dengan disiplin kita akan senantiasa belajar setiap hari dan juga
mengerjakan tugas tidak menunda-nundanya.
Selainitu,
untukmenanganianak suka mengerjakan dengan kebut semalam guru dapat melakukan
cara-cara sebagai berikut:
a. Guru
harusbisamemberikanpengarahankepadaanakbahwaapa yang dilakukannyaitusalahdandapat
merugikan dirinya sendiri.
b. Guru
memberikanmotivasikepadaanakdengancaramemberikanpujian-pujiandanhadiah ketika
dia mendapat nilai bagus agar anaktersebutsemangatdalambelajar dan mengerjakan
tugas dengan baik sehingga dia dapat memperhatikanapa yang disampaikan
guru.
2. Treatment Dirumah
Orang
tua harus lebih memperhatik anaknya, dengan cara meberikan motivasi dan
dorongan supaya anak mau belajar setiap hari dan mengerjakan tugas dengan
benar. Berika apresiasi pada anak jika
mereka mendapatkan nilai yang bagus.
G. Follow-up
Usaha
bantuan yang sudah diberikan tidak hanya dibiarkan saja, tetapi harus ditindak
lanjuti supaya anak yang bermasalah tidak kembali pada permasalahan sebelumnya,
untuk itu dalam menindak lanjuti anak yang bermasalahi peraktifini dapat
dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Guru
mengadakan komunikasi dengan orang tua untuk mengatasi masalah secara bersama.
2. Selalu
memberikan pengertian agar anak tersebut
tidak melakukan masalah lagi.
3. Selalu
memberikan kesempatan kepada anak untuk istirahat supaya mereka tidak
jenuh/bosan dengan pelajaran atau tugas-tugasnya.
4. Memberikan
bimbingan kepada siswa agar bisa menggunakan waktu dengan baik.
0 komentar:
Posting Komentar